Merawat Mobil Agar Hemat Biaya Pemeliharan

         Mempunyai mobil juga harus di iringi dengan perawatannya yang rutin, sangat di sayangkan jika anda tidak bisa menjaga serta merawatnya dengan baik karna mobil tidak akan awet dan cepat mengalami kerusakan, seperti yang kita ketahui bahwa harga mobil tidaklah murah, contoh pada harga mobil Toyota Fortuner kurang lebih sekitar 500 jutaan ataupun pada Harga BMW X3 yang berkisar sebesar 1 miliyar. Sangat lumayan kan harga mobil yang kita dambakan, maka dari hal itu alang kah baik nya untuk merawat dengan baik juga benar pada mobil kesayangan anda, simak ulasan berikut ini.

         Pertama, pilih lah bahan bakar yang tepat yaitu di anjurkan untuk memakai bahan bakar yang sesuai dengan nilai oktan sebagaimana yang telah di sarankan oleh pabrikan, nilai oktan itu merupakan suatu angka untuk menunjukan besar nya tekanan yang di berikan sebelum bahan bakar dapat terbakar secara spontan, jika semakin lambat BBM dapat terbakar maka semakin tinggi nilai oktan tersebut. Agar mesin tidak meninggalkan residua tau sisa pada saat pembakaran BBM sehingga tidak menganggu pada kinerja mesin mobil anda. Adapun kadar oktan yang dapat di ketahui pada pombensin pertamina yaitu, premium yang memiliki 88 oktan, kemudian pertalite memiliki 90 ron dan pertamax yang memiliki 92 oktan.

         Selain itu, juga di sarankan pada saat menggunakan mobil hendak nya kita dapat menghemat bahan bakar dengan cara, mematikan semua AC serta perangkat elektronik lainnya saat mobil di matikan, hal ini sangat sederhana dilakukan akan tetapi tidak jarang orang-orang melupakannya. Kemudian saat mesin mobil menyala hindari berhenti pada waktu yang lama karna hal ini dapat mengurangi bahan bakar yang ada. Selanjutnya jika mobil anda manual sebaiknya gunakan lah gigi yang tepat, hindari kesalahan saat memindahkan gigi, maka dari itu di sarankan untuk belajar serta mengetahui lebih dalam terlebih dahulu mengenai mobil manual, juga perbanyak latihan agar dapat meningkatkan skill mengemudi anda. Saat mengemudi lebih baik menyesuaikan kecepatan dan jaga RPM atau putaran mesin dengan stabil. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan rem lebih baik dari jauh anda sudah menurunkan kecepatan sehingga tidak terlalu sering menggunakan rem. Dan terakhir sering melakukan tune up, dimana kita harus selalu mengecek serta memeriksa keadaan mesin mobil agar dapat di antisipasi bila ada kerusakan.

         Kedua, sebaiknya melakukan perawatan ganti oli yang rutin di bengkel yang sesuai, juga memeriksa jika adanya kerusakan dan segera di perbaiki seperti pada busi, lampu, timing belt, dan juga signal-signal.

         Dan yang terakhir di usahakan untuk selalu memanaskan mobil saat di pagi hari sebelum di gunakan pergi, jangan lupa juga untuk mengecek kondisi ke empat ban mobil, untuk mengantisipasi jika ban kempes ataupun sebaliknya dapat segera di tindak lanjuti, kemudian jangan lupa juga untuk memeriksa kelengkapan – kelengkapan mobil sebelum berangkat, walaupun hal ini terlihat sederhana namun suatu saat akan sangat berguna saat di perlukan. Disiplin serta teliti saat merawat mobil akan memberikan manfaat lebih kepada pemilik mobil juga mobilnya, dimana mobil akan tetap awet dan si pemilik mobil akan dapat menghemat ongkos perbaikan mobil. Sekian dari artikel ini dan terimakasih telah membaca. Semoga artikel ini dapat membantu juga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *