Gejala dan Pengobatan Demam Berdarah pada Anak

DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian cukup tinggi pada anak-anak di beberapa negara Asia, salah satunya Indonesia. Penyakit DBD ini disebabkan oleh virus yang terdapat pada nyamuk Aides Aegypti betina. Untuk mengantisipasi terjangkitnya virus ini pada anak, sebaiknya Anda mengetahui gejala dan obat demam berdarah anak.

Pengetahuan mengenai gejala dan pengobatan amat penting karena penyakit DBD ini dapat menyerang sewaktu-waktu sehingga pencegahan dan antisipasi menjadi hal yang penting. Selain itu, Indonesia yang merupakan negara tropis membuat perkembangbiakan nyamuk ini dapat terjadi secara masif. Dengan mengetahui gejala dan obat pereda gejala DBD, penanganan yang dilakukan dapat maksimal.

Gejala Demam Berdarah pada Anak

Virus dengue memiliki masa inkubasi selama empat sampai dengan tujuh hari. Masa tersebut merupakan waktu dimana virus dengue sedang berusaha untuk masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya, gejala DBD akan muncul pada tiga sampai dengan empat belas hari setelah selesainya masa inkubasi. Salah satu gejala kasus ini adalah demam tinggi dengan suhu yang dapat mencapai 41 derajat celsius.

Selain demam tinggi, gejala lain yang dialami oleh penderita demam berdarah adalah tubuh menggigil, muncul bintik merah, tenggorokan sakit, nyeri pada perut, nyeri sendi, dan terjadi pendarahan di beberapa tempat. Gejala tersebut dapat mereda dalam beberapa minggu apabila penderita DBD segera mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat dan cepat.

Pengobatan Demam Berdarah

Untuk pencegahan secara medis seperti vaksinasi atau obat khusus DBD hingga sekarang belum ada. Pada umumnya, pengobatan yang dilakukan adalah meringankan gejala DBD yang dialami oleh si penderita. Dengan meringankan gejala pada penderita DBD dapat membuat penderita merasa lebih nyaman dan mencegah terjadinya komplikasi yang membuat kondisi penderita memburuk.

Apabila anak Anda mengalami gejala DBD, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyuruhnya untuk beristirahat. Selain itu, Anda juga dapat memberikan air putih untuk mencegah anak mengalami dehidrasi. Kemudian, memberikan paracetamol untuk menurunkan demam juga cukup disarankan. Obat tersebut dapat dibeli di apotek terdekat ataupun lewat website apotek online https://www.goapotik.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *