Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Blewah?

Blewah memiliki rasa manis dan segar dan merupakan salah satu buah yang disukai wanita hamil. Terutama bagi wanita hamil yang sering mual. Melon dapat digunakan sebagai camilan atau camilan es krim yang menggoda. Namun, di balik rasanya yang segar ada informasi yang mengatakan bahwa melon tidak boleh dikonsumsi berlebihan oleh wanita hamil. Mengapa?

Kandungan nutrisi blewah
Blewah dikutip dari Healthline dan dikatakan kaya akan nilai gizi. Salah satunya adalah beta-karoten. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), kandungan blewah beta-karoten bahkan lebih tinggi dari jeruk, mangga dan aprikot. Selain itu, blewah juga mengandung vitamin C, vitamin A, folat, serat, dan kalium. Ini juga mengandung vitamin K, niasin, kolin, kalsium, seng, mangan, dan selenium.

Tidak kalah pentingnya, blewah juga merupakan buah yang kaya akan air, hampir 90 persen. Seperti yang Anda ketahui, hidrasi yang memadai menjadi sangat penting bagi wanita hamil. Tingkat hidrasi yang cukup memainkan peran penting dalam kelancaran fungsi organ pencernaan, ginjal dan membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Manfaat blewah untuk kesehatan ibu hamil
Vitamin A sangat penting bagi janin yang sedang berkembang untuk mengembangkan fungsi kognitif yang sehat. Vitamin A yang cukup membantu mendukung pertumbuhan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang janin. Blewah juga kaya akan asam folat, yang membantu mencegah cacat tabung saraf. Membantu membentuk tulang dan gigi yang sehat. Kandungan kalsium blewah membantu membentuk struktur tulang dan gigi yang sehat pada janin. Seperti diketahui, kalsium sangat penting bagi ibu dan janin selama kehamilan.

Mencegah anemia kehamilan
Zat besi dalam blewah membantu menghasilkan hemoglobin. Jumlah sel darah merah yang cukup dapat mencegah anemia pada wanita hamil. Kondisi ini juga meningkatkan aliran darah dan mempertahankan oksigen yang cukup untuk janin melalui rahim.

Atasi sembelit
Kadar air yang tinggi dalam blewah mencegah hilangnya cairan dan elektrolit dari tubuh. Properti pendingin mengontrol panas yang dihasilkan dalam tubuh dan dengan demikian memberikan bantuan dari sembelit, yang merupakan masalah utama selama kehamilan.

Memerangi infeksi
Blewah juga diketahui mengandung vitamin C untuk membantu melawan infeksi ringan seperti batuk, pilek dan flu selama kehamilan. Vitamin ini juga dibutuhkan janin yang sedang berkembang untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *