Apa Bedanya Agen Asuransi dengan Broker Asuransi?

Agen asuransi dan broker asuransi merupakan perantara antara nasabah dan perusahaan asuransi. Secara aturan, baik agen maupun broker bertanggung jawab untuk membantu nasabah mendapatkan cakupan manfaat proteksi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Lalu apa perbedaan antara agen asuransi dan broker asuransi?

Perbedaan mendasar antara agen asuransi dan broker asuransi adalah:

  • Broker asuransi mewakili kepentingan klien (nasabah)
  • Agen asuransi mewakili kepentingan perusahaan asuransi

Agen asuransi adalah perwakilan dari satu perusahaan asuransi dan biasanya bekerjasama dengan klien secara individu, walaupun ada juga yang bekerjasama untuk sebuah perusahaan.

Sementara, broker asuransi merupakan perusahaan yang mewakili kepentingan klien dan lebih banyak bertugas untuk menangani masalah pengelolaan risiko perusahaan dan badan, dan memberikan jasa keperantaraan dalam penutupan asuransi serta penanganan penyelesaian klaim.

 

Agen Asuransi

Agen asuransi adalah perpanjangan tangan perusahaan asuransi dalam melakukan perjanjian dengan calon nasabah, sehingga etikanya agen asuransi hanya boleh memasarkan produk dari satu perusahaan asuransi saja. Untuk menjual produk asuransi atas nama perusahaan tertentu, maka agen harus memiliki perjanjian dengan perusahaan asuransi tersebut. Perjanjian tersebut berisi penjelasan produk spesifik yang dijual oleh agen. Dari surat perjanjian itu nantinya agen dapat menentukan komisi yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi untuk setiap produk.

Kontrak menggambarkan otoritas yang mengikat agen, yang artinya kewenangannya untuk memulai kebijakan atas nama perusahaan asuransi. Di sisi lain agen juga harus memiliki izin untuk mengikat beberapa jenis proteksi asuransi. Tugas agen asuransi adalah menawarkan beragam produk dari satu perusahan asuransi, terlepas dari apakah calon nasabah membutuhkan produk tersebut atau tidak.

Broker Asuransi

Broker asuransi bekerja untuk memahami risiko klien dan mendiskusikan solusi untuk meminimalisir risiko kerugian secara finansial dengan menggunakan asuransi untuk melindungi aset dan bisnis klien. Selain itu, broker juga menawarkan saran ahli tentang manajemen dan pengurangan risiko, dan berbagai produk asuransi bisnis yang tersedia.

Broker menggunakan pengetahuan mendalam mengenai risiko dan pasar asuransi untuk mengidentifikasi serta mengatur perlindungan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Broker memiliki pengetahuan luas tentang berbagai kebijakan asuransi dan jaringan kontak industri yang memungkinan mereka dapat bernegosiasi untuk penawaran terbaik. Kewenangan lainnya adalah membantu klien dalam menyelesaikan klaim dari perusahaan asuransi. Besarnya peran yang diberikan broker asuransi, dapat membantu perusahaan dalam melancarkan bisnis hingga perusahaan dapat lebih fokus dalam mencapai target bisnisnya

Dari penjelasan perbedaan tersebut, maka fungsi dan cara kerja broker asuransi dan agen asuransi sudah jelas berbeda, namun keduanya sama-sama akan memberikan pelayanan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *